|
인도네시아 해군 참모총장 무하마드 알리 제독이 지난 목요일 자카르타 동부 실랑캅의 해군 본부에서 열린 해군 지휘관 회의 참석 전 기자회견에서 전쟁 이외의 군사작전을 위해 항모가 필요한 것 같다고 말했다고 합니다.
인도네시아 국방부의 프레가 웨나스 국방정보국장은 지진이나 화산폭발 등 자연재해가 많은 인도네시아 특성 상 신속하게 지원이 가능한 항모가 필요하다고 얘기했다고 하네요. 인도네시아 역외 전력투사 용도도 아니며, 헬기를 운용하는 STOVL 항모를 말하는 것이지만 헬기를 운용하는 LHD도 옵션 중 하나라고 했습니다.
작년 10월 퇴역한 이탈리아의 주세페 가리발디급 항모가 동년 1월 인도네시아에 방문했을 때 무하마드 알리 해군 참모총장이 방문해 주세페 베루티 베르고토 이탈리아 해군 부사령관과 만난 적이 있었네요.
DEFENSE STUDIES: TNI AL Sedang Kaji Kebutuhan Kapal Induk Untuk Kepentingan OMSP
TNI AL Sedang Kaji Kebutuhan Kapal Induk Untuk Kepentingan OMSP
07 Februari 2025
Kapal Induk Italia ITS Giuseppe Garibaldi setelah pensiun ditawarkan ke Indonesia (photo: Marina Difesa)
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan bahwa TNI AL sedang mengkaji kebutuhan kapal induk.
"Kelihatannya kami memerlukan kapal induk untuk kepentingan OMSP (operasi militer selain perang), terutama ya," kata Ali dalam konferensi pers sebelum menghadiri Rapat Pimpinan TNI AL di Markas Besar TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis.
Sementara itu, dia menjelaskan bahwa TNI AL telah mengusulkan sejumlah pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista) kepada Kementerian Pertahanan (Kemhan).
"Yang akan diadakan dalam beberapa tahun ke depan, mungkin sudah mengikuti, kemarin di Italia kami mendapatkan dua PPA (kapal patroli lepas pantai/OPV), dua frigate ya. Walaupun itu OPV, tetapi itu kelasnya frigate," ujarnya.
Selain itu, dia mengatakan bahwa saat ini telah dibangun dua Frigate Merah Putih untuk menambah kekuatan TNI AL.
"Kemudian, dua light frigate dari Lampung sudah kami luncurkan. Kemudian, ada beberapa KCR (kapal cepat rudal) dari Turki," jelasnya.
Adapun TNI AL akan menerima hibah dua kapal patroli dari Jepang. Sebelumnya, Komisi I DPR RI telah menyetujui permohonan Kemhan dan TNI terkait hibah tersebut melalui Rapat Kerja di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/2). (Antara)
Juan Carlos class Landing Helicopter Dock (LHD) (photo: Aus MoD)
Kementerian Pertahanan Masih Mengkaji Pengadaan Kapal Induk Tipe LHD
Dikonfirmasi tentang hal ini, Kepala Biro Informasi Pertahanan Kementerian Pertahanan Frega Wenas mengatakan, rencana pembelian kapal induk ini dilatarbelakangi konstelasi geografis Indonesia yang berbentuk negara kepulauan yang sering ada bencana alam. Kapal induk menjadi sarana yang memudahkan untuk memberikan bantuan secara lebih cepat.
Ia menggarisbawahi, yang dimaksud dengan kapal induk bukanlah kapal induk berdimensi panjang yang memiliki runway untuk menerbangkan pesawat tempur. Indonesia juga tidak merencanakan kapal induk ini untuk proyeksi kekuatan ke luar wilayah Indonesia.
Akan tetapi, kapal induk ini lebih pada kapal induk yang memungkinkan untuk short take off and vertical landing (STOVL), seperti helikopter untuk mengangkut logistik ketika ada bencana. "Semua masih dalam kajian. Salah satu opsinya memang LHD, Landing Helicopter Dock," kata Frega.
See full article Kompas via Keris
DeepL 번역본입니다.
TNI AL은 OMSP 목적으로 항공모함의 필요성을 평가하고 있습니다.
2025년 2월 7일
퇴역 후 인도네시아에 제공된 이탈리아 항공모함 ITS 주세페 가리발디(사진: 마리나 디페사)
자카르타 (안타라) - 인도네시아 해군 참모총장 무하마드 알리 제독은 인도네시아 해군이 항공모함의 필요성을 검토하고 있다고 말했습니다.
알리 제독은 목요일 자카르타 동부 실랑캅의 해군 본부에서 열린 해군 리더십 회의에 참석하기 전 기자회견에서 "OMSP(전쟁 이외의 군사 작전)를 위해 항공모함이 필요한 것 같다"고 말했습니다."
<한편, 그는 해군이 국방부(켐한)에 주요 무기체계 장비(알루티스타)의 조달을 제안했다고 설명했습니다.
"앞으로 몇 년 안에 조달 될 것, 어제 이탈리아에서 우리는 두 척의 PPA (해상 초계선 / OPV), 두 척의 호위함을 얻었습니다. 비록 OPV이긴 하지만 프리깃급입니다."라고 그는 말했습니다.
또한 그는 현재 해군의 전력을 강화하기 위해 두 척의 메라 푸티 프리깃함을 건조하고 있다고 말했습니다.
"그리고 람풍에서 두 척의 경호함을 진수했습니다. 그리고 터키에서 여러 척의 KCR(고속 미사일 보트)이 있습니다."라고 설명했습니다.
인도네시아 해군은 일본으로부터 순시선 2척을 지원받게 된다. 앞서 하원 제1위원회는 화요일(4/2) 자카르타 세나얀 국회의사당에서 열린 실무 회의를 통해 국방부와 인도네시아 군의 지원 요청을 승인했습니다.(Antara).
후안 카를로스급 상륙 헬기 도크(LHD) (사진: Aus MoD)
국방부, 여전히 LHD형 모함 조달 검토 중
프레가 웨나스 국방부 국방정보국장은 이 문제에 대해 확인하면서 항공모함 구매 계획은 인도네시아가 군도 형태로 자연재해가 자주 발생하는 지형적 특성에서 비롯된 것이라고 말했습니다. 항공모함은 보다 신속하게 지원을 제공할 수 있는 수단입니다.
그가 강조한 항공모함의 의미는 전투기를 비행할 수 있는 활주로가 있는 긴 크기의 항공모함이 아닙니다. 인도네시아는 또한 인도네시아 영토 밖에서 전력을 투사하기 위해 이 항공모함을 계획하고 있지 않습니다.
<그러나 이 항공모함은 재난 발생 시 헬리콥터와 같이 짧은 이착륙과 수직 착륙(STOVL)이 가능한 항공모함에 더 가깝습니다. "모든 것이 아직 연구 중입니다. 옵션 중 하나는 실제로 LHD, 착륙 헬리콥터 도크입니다."라고 프레가는 말했습니다.
전체 기사 보기케리스를 통한 콤파스
Dikunjungi KSAL, Kapal Induk Italia ITS Giuseppe Garibaldi Akan Segera Dipensiunkan
Dikunjungi KSAL, Kapal Induk Italia ITS Giuseppe Garibaldi Akan Segera Dipensiunkan
indomiliter | 01/06/2024 | Berita Matra Laut, Berita Update Alutsista, Kapal Perang Asing | 7 Comments
FacebookTwitterWhatsAppLineCopy LinkEmail
(foto: Dispenal)
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali berkesempatan mengunjungi kapal induk Italia, ITS Giuseppe Garibaldi yang tengah melaksanakan latihan, pada pekan lalu. Secara khusus, kedatangan Laksamana Ali disambut langsung oleh Wakil Kepala Angkatan Laut Italia Laksamana Giuseppe Berutti Bergotto. Keduanya membahas berbagai kerja sama terkait pertahanan matra laut.
“Kunjungan ke Italia ini merupakan bentuk komitmen TNI AL untuk mempererat hubungan dengan angkatan laut negara sahabat sekaligus sebagai bentuk naval diplomacy,” ujar Ali, dikutip dari keterangan Dispenal di Jakarta, Rabu (29/5/2024).
ITS Giuseppe Garibaldi adalah kapal induk dengan dek penerbangan pertama yang pernah dibangun untuk Angkatan Laut Italia. Kapal ini dibangun untuk mengoperasikan pesawat sayap tetap (fixed wing). Kapal induk yang mulai dioperasionalkan oleh Angkatan Laut Italia pada tahun 1985.
Nah, terlepas dari kunjungan KSAL Muhammad Ali, ada hal lain yang menarik dari ITS Giuseppe Garibaldi, bahwa kapal induk ini kabarnya akan dipensiunkan oleh Angkatan Laut Italia pada 1 Oktober 2024. Saat ini, Angkatan Laut Italia mengoperasikan dua kapal induk, selain TS Giuseppe Garibaldi terdapat ITS Cavour yang lebih modern dan lebih baru usianya.
Bagaimana nasib ITS Giuseppe Garibaldi pasce pensiun masih belum jelas? Namun, untuk ukuran usia kapal induk, ITS Giuseppe Garibaldi masih belum terlalu tua, kapal induk ini diluncurkan oleh galangan Fincantieri Monfalcone pada 11 Juni 1983 dan masuk kedinasan Angkatan Laut Italia pada 30 September 1985. Tergolong aktif dioperasikan oleh Italia dalam misi jarak jauh, menyiratkan ITS Giuseppe Garibaldi telah mendapatkan sejumlah modernisasi, sehingga bila nanti dipensiunkan, bukan tak mungkin kapal induk ini akan ramai ditawar negara lain.
Meskipun ia dikenal luas sebagai kapal induk pertama, ITS Giuseppe Garibaldi secara resmi ditetapkan sebagai kapal penjelajah pengangkut pesawat. Kapal ini dilengkapi dengan pesawat untuk operasional short take-off and vertical landing (STOVL) dan helikopter. ITS Giuseppe Garibaldi sejauh ini terlibat dalam operasi tempur udara di Somalia, Kosovo, Afghanistan dan Libya.
Dibangun oleh Fincantieri (d/h Italcantieri) di galangan kapal Monfalcone di Teluk Trieste, peletakan lunas pertama kapal ini dilakukan pada tanggal 26 Maret 1981. Saat diperkenalkan, ITS Giuseppe Garibaldi digolongkan sebagai anti-submarine warfare carrier (ASW) dengan mengambil home base di Taranto, Italia.
ITS Giuseppe Garibaldi disokong oleh empat turbin Fiat COGAG (Combined gas turbine and gas turbine) di bawah lisensi dari General Electric. Mesin turbin tersebut menawarkan tenaga berkelanjutan sebesar 81.000 hp (60 MW).Kapal induk ini memiliki kecepatan maksimum 30 knots dan dapat menempuh jarak 13.000 km pada kecepatan jelajah sekitar 20 knots.
Kapal induk ini dilengkapi dengan empat sistem rudal anti kapal Otomat Mk2 yang dipasang di buritan kapal (dilepas pada tahun 2003 untuk meningkatkan dek penerbangan dan komunikasi satelit) dan dua peluncur torpedo tiga tabung ILAS. Untuk pertahanan digawangi oleh dua peluncur SAM delapan sel yang menembakkan rudal SARH Aspide, dan tiga kanon Oto Melara Twin 40L70 DARDO Close In Weapon System (CIWS).
Untuk unit penerbangan, dioperasikan oleh Angkatan Udara. Dalam sekali pelayaran, kapal induk ini maksimal bisa membawa 16 unit AV-8B Harrier II dan 2 unit helikopter SAR, atau 18 unit helikopter Agusta atau gabungan helikopter dan pesawat tempur. Dek penerbangan merupakan ciri khas desain off-axis dengan adanya ski-jump 6,5 derajat untuk pesawat STOL; 174 meter dan lebar 30,4 meter.
ITS Giuseppe Garibaldi mengalami modernisasi pada tahun 2003 dan restrukturisasi besar-besaran pada tahun 2013.
Dari spesifikasi, ITS Giuseppe Garibaldi dengan nomer 551 punya bobot mati 14.150 ton, panjang lambung 180, 2 meter dan lebar 33,4 meter. Kapal induk yang pernah jadi flagship Italia ini diawaki oleh 550 anak buah kapal, 100 staff dan 180 personel penerbangan. (Gilang Perdana)
Plus-Minus Desain Sayap Lipat pada Jet Tempur yang Beroperasi di Kapal Induk
DeepL 번역본입니다.
해군 참모총장, 곧 퇴역하는 이탈리아 항공모함 ITS 주세페 가리발디호 방문
군사 | 01/06/2024 | Sea Matra News, 알루티스타 업데이트 뉴스, 외국 군함 | 7개의 댓글
FacebookTwitterWhatsAppLine링크 복사이메일
(사진: Dispenal)
해군 참모총장 무하마드 알리 제독은 지난주 훈련 중인 이탈리아 항공모함 ITS 주세페 가리발디를 방문할 기회를 가졌습니다. 특히 알리 제독의 방문을 이탈리아 해군 부사령관 주세페 베루티 베르고토 제독이 직접 환영했습니다. 두 사람은 해양 방위와 관련된 다양한 협력 방안을 논의했습니다.
Read also: "라만틴" - 프로젝트 11430E - 푸틴의 꿈, 9만 톤급 핵추진 항공모함, 여전히 스키점프를 채택하다
"이번 이탈리아 방문은 인도네시아 해군이 우방국 해군과의 관계를 강화하려는 노력의 일환이자 해군 외교의 한 형태"라고 수요일(5월 29일) 자카르타에서 열린 디스펜날의 성명을 인용한 알리 사령관은 말했습니다.
ITS 주세페 가리발디는 이탈리아 해군을 위해 건조된 최초의 비행갑판 항공모함입니다. 이 항공모함은 고정익 항공기를 운용하기 위해 건조되었습니다. 이 항공모함은 1985년 이탈리아 해군에 의해 운영되었습니다.
무하마드 알리 해군 참모총장의 방문과는 별개로, 2024년 10월 1일에 이탈리아 해군이 이 항공모함을 퇴역시킬 것으로 알려지고 있는 ITS 주세페 가리발디에 대한 또 다른 흥미로운 점이 있습니다. 현재 이탈리아 해군은 TS 주세페 가리발디 외에도 더 현대적이고 새로운 ITS 카보르가 있는 두 척의 항공모함을 운영하고 있습니다.
퇴역 후 ITS 주세페 가리발디가 어떻게 운영될지는 아직 확실하지 않지만, 1983년 6월 11일 핀칸티에리 몬팔콘 조선소에서 진수되어 1985년 9월 30일 이탈리아 해군에 취역한 ITS 주세페 가리발디는 항공모함의 나이에 비하면 아직 노후하지 않은 전력이기도 합니다. 이탈리아에서 장거리 임무를 수행하는 것으로 분류된 주세페 가리발디는 여러 가지 현대화 작업을 거쳤기 때문에 나중에 퇴역하더라도 이 항공모함이 다른 국가의 입찰에 나설 가능성이 전혀 없는 것은 아닙니다.
최초의 항공모함으로 널리 알려져 있지만, ITS 주세페 가리발디는 공식적으로 항공기를 탑재하는 순양함으로 지정되었습니다. 이 함정에는 단거리 이착륙 및 수직 이착륙(STOVL)과 헬리콥터 운항을 위한 항공기가 탑재되어 있습니다. ITS 주세페 가리발디는 지금까지 소말리아, 코소보, 아프가니스탄, 리비아에서 공중 전투 작전에 참여했습니다.
트리에스테만의 몬팔콘 조선소에서 핀칸티에리(구 이탈칸티에리)가 건조했으며, 1981년 3월 26일에 첫 용골이 놓였습니다. 도입 당시 ITS 주세페 가리발디는 이탈리아 타란토에 본거지를 둔 대잠수함전 항모(ASW)로 분류되었습니다.
ITS 주세페 가리발디는 제너럴 일렉트릭의 라이선스를 받은 피아트 COGAG(복합 가스터빈 및 가스 터빈) 터빈 4기로 동력을 공급받습니다. 이 터빈은 81,000마력(60MW)의 연속 출력을 제공합니다. 항공모함의 최대 속력은 30노트이며, 약 20노트의 순항 속도로 13,000km를 주행할 수 있습니다.
이 항공모함에는 선미에 장착된 4개의 Mk2 자동 대함 미사일 시스템(비행 갑판과 위성 통신을 업그레이드하기 위해 2003년에 제거됨)과 2개의 ILAS 3관 어뢰 발사기가 장착되어 있습니다. 방어는 SARH 아스파이드 미사일을 발사하는 8셀 SAM 발사대 2기와 오토 멜라라 트윈 40L70 다도 근접무기체계(CIWS) 대포 3기가 담당합니다.
항공 부대의 경우 공군이 운용합니다. 항공모함은 한 번의 항해에 최대 16대의 AV-8B 해리어 II와 2대의 SAR 헬기 또는 18대의 아구스타 헬기 또는 헬기와 전투기를 혼합하여 탑재할 수 있습니다. 비행 갑판은 길이 174미터, 폭 30.4미터로 STOL 항공기를 위한 6.5도 스키점프가 가능한 전형적인 오프축 설계입니다.
ITS 주세페 가리발디는 2003년에 현대화 작업을 거쳤고 2013년에 대대적인 구조조정을 거쳤습니다.
제원상 551번 ITS 주세페 가리발디는 배수량 14,150톤, 선체 길이 180.2m, 폭 33.4m의 규모입니다. 한때 이탈리아의 기함이었던 이 항공모함에는 승무원 550명, 군무원 100명, 항공 요원 180명이 승선하고 있습니다.(길랑 페르다나)
|
첫댓글 헬기 띄우고 구조 작업할 수 있는 배가 필요하니까 항모를 사자니;;;;;
굳이 군함 만들 거 없이 갑판 넓은 화물선에 헬기 이착륙 가능하게 만들고 내부 거주시설 + 간이병원시설 정도 만들면 되는 거 아닌가 싶습니다만.. 뭐 인도네시아 정도 되면 파푸아같은 곳에 세력투사할 일이 있을 지도요.
태국이 차크리 나루에벳을 살 때 이런 용도로 산다고 했었죠.
해리어 안 사고 바트화 위기로 정박하는 날이 더 많지만 않았어도 나름 괜찮은 대안이었을 수 있었겠지만 ㅜㅜ