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우마르 까얌(Umar Kayam)의 소설
’모든 양반들’(Para Priyayi)에 나타난 도덕성
라플리 아디 누그로호(Rafli Adi Nugroho)
Jenderal Soedirman 대학교 재학중
문학 작품, 예를 들면 시 또는 산문(단편, 장편 등)은 인간 상상력의 산물이면서 작가가 독서를 통해서 또는 사건, 사고의 영향으로 얻어진 결과물이라고 할 수 있다. 소설 역시 현실 세계의 상황에서 벗어날 수 없다고 본다. 그 이유는 소설은 사회 현실안에 삶을 그리고 있기 때문이다.(Nurgiyantoro, 2007)
다양한 문학 작품 안에 우리는 한 명의 작가를 발견할 수 있는데 그 이름은 우마르 까얌(Umar Kayam)이으로 그의 잘 알려진 작품으로는 ’모든 양반들’(Para Priyayi)을 들 수 있다. 그의 소설은 자바(Java) 지역 문화의 딜레마를 표현하는 매체로 그리고 자바인의 비젼과 생각 그리고 반응을 나타낼 수 있는 장치로 활용되고 있음을 본다. 우마르 까얌은 그의 소설 ’모든 양반들’을 통해 사회 계급의 한계를 없애려고 했다. 소설은 자바인들이 그들의 정체성을 나타내는 최고의 가치로 여기는 봉건주의 시대 안의 삶 속의 문제점을 다루고 있다. 소설 안의 인물들이 경험하는 혼란은 대부분 유사성과 동일성을 띄고 있으며 사회에서 정한 문화 가치와 도덕률에 가까이 다가서 있다. 따라서 실질적인 삶의 가치와 진실을 더욱 알기 위해 인도네시아 문학 작품, 특히 소설 ’모든 양반들’에 특별히 포함되어 있는 도덕성에 대해 파악하는 것도 의미 있는 일이라 생각한다.
이 소설의 배경은 벙아완 솔로(Bengawan Solo) 강과 끄땅가(Ketangga) 강 사이에 위치한 마디운(Madiun) 시, 와나갈리(Wanagalih) 지역에 살고 있는 소작농인 아뜨모까산(Atmokasan)에 대한 이야기이다. 그는 이름이 수다르소노(Soedarsono)라는 자신의 아이를 은도로 세뗀(Ndoro Seten)이라는 양반에게 양아들로 주게 된다. 나중에 커서 그의 집안의 첫 양반이 되기를 희망하는 바램과 함께 아이는 은도로 세뗀 집으로 향하게 된다. 수다르소노가 학교 조교가 되고 양반 후보가 되었을 때 그의 이름을 사스뜨로다르소노(Sastrodarsono)라고 개명을 한다. 그런 다음 부모에 의해, 평소에는 응아이샤(Ngaisyah)로 불리우는 시띠 아이샤(Siti Aisyah)라는 처녀와 결혼을 한다. 아이샤는 조고로고(Jogorogo) 지역 출신인 양귀비 주술사의 딸이었다. 결혼을 한 후 사스뜨로다르소노는 3명의 자식을 두게 된다. 첫번째 아이 이름은 누그로호(Noegroho), 둘째 아이 이름은 하르조(Hardjo) 그리고 세번째 아이 이름은 수미니(Soemini)였다.
친자식 이외에 사스뜨로다르소노는 친족 중에 몇명의 아이를 양자로 데려다가 키웠다. 그 아이들 이름은 수난다르(Soenandar), 응아디만(Ngadiman), 스리(sri) 그리고 다르민(Darmin)이었다. 이 네 명의 아이 중, 수난다르가 가장 말썽이 많은 문제아였다. 아직 학교를 다닐 때 수난다르는 종종 사고를 쳤는데 심지어는 친구의 돈을 훔치기도 했다. 결국 수난다르는 사스뜨로다르소노가 와나라와스(Wanalawas) 지역에 직접 세운 학교에서 퇴학을 당하게 된다. 언젠가 수난다르 행동이 좋아지리라 하는 바램을 갖고 주위 사람들이 노력하였지만 그 아이의 성품을 바꾸려는 모든 노력은 물거품이 되었다. 심지어는 음복 수모(Mbok Soemo)라는 과부의 딸인 응아디옘(Ngadiyem)을 임신하게 만들었는데 그에 대해 책임을 지지 않았다. 결국 수난다르는 와나왈라스에서 도망을 쳐서 세민 겐직(Semin Genjik)이 이끄는 도둑무리에 합류하게 된다. 후에 그의 가족들이 수난다르를 찾으려고 했을 때 그는 도둑 무리와 함께 불태워져 죽었다는 소식을 듣게 된다.
그 소식을 듣고, 응아디옘은 그의 뱃속에 있는 아이를 어떻게 양육할 것인지 낙담하면서 슬퍼했다. 그러나 사스뜨로다르소노가 그 아이에 대해 모든 비용과 책임을 다하겠다는 말을 듣고 그 슬픔은 사라졌다. 그리고 어느 날, 응아디옘은 남자 아이를 출산했는데 와게(Wage)라는 이름을 붙여 주었다. 그 아이가 여섯 살이 되었을 때 와게는 사스뜨로다르소노의 아이로 입적이 되었다. 그리고 이름을 와게에서 란띱(Lantip)으로 개명하였다. 란띱은 똑똑한 아이로 성장하게 되며 순종하는 성격으로 주위를 잘 살피는 착한 아이로 성장하게 된다. 성인이 되었을 때 란띱은 사스뜨로다르소노 집안의 대소사를 관장하고 해결하는 사람이 되었다. 사실 사스뜨로다르소노 대가족의 삶 속에서 도덕적으로 많은 것을 배울 수가 있었다. 그것은 소설 안에 등장하는 사람들의 말과 행동에서 알 수가 있다.
소설 ’모든 양반들’ 안에서 소개된 짧은 에피소드들을 통해 독자들은 하나의 도덕성을 파악할 수 있다. 도덕(moral)의 어원을 보면 라틴어인 ’mos’ (복수형 : mores)이며 의미는 습관 또는 전통을 의미한다. ’mos’(mores)는 희랍어 ’etos’와 같은 의미를 갖고 있다. 인도네시아어에 있어서 ’정리된 예절’이라고 정의하고 있다. 인도네시아어 대사전에 따르면 ’moral’은 행위, 태도, 의무, 예절 등에 대해 좋고/나쁨을 가르는 기준이라고 언급되어 있다. 몇몇 학자들도 같은 견해를 갖고 있다. 예를 들면 W.J.S 뿌르다르민따(W.J.S Poerdarminta)에 따르면 ”행동과 행위에 대한 좋고, 나쁨을 구별하는 것” 이다 라고 정의하고 있다. 데웨이(Dewey)는 ’moral’은 예의의 가치와 관련된 사항이라고 언급하고 있다. 바록(Barok)은 금지와 행동에 대해 옳고 그름을 갖고 있는 것이 ’moral’이라고 정의했다. 마그니스 수시노(Magnis Susino)는 인간으로서 선과 악을 가늠하는 척도라고 말하고 있다. 따라서 도덕적인 측면을 통해 한 인간의 선한 면을 볼 수 있다. 따라서 도덕성이라 함은 좋음과 나쁨에 대한 하나의 가르침 또는 기준이라 할 수 있다.
1. 소설 ‘모든 양반들’ 도덕성에 대하여
a. 가장의 도덕성
가장이라 함은 한 집안을 이끄는 사람으로 아버지 또는 어머니를 지칭한다고 할 수 있다. 가장은 자식들의 교육, 양육 등에 대해 책임을 지며 자식들이 향후 사회생활을 원활히 할 수 있게 단계별로 그 목표를 성취할 수 있게 노력을 한다.
소설 ’모든 양반들’ 안에서 가장의 도덕성에 대한 설명을 자식을 양육하는 사스뜨로다르소노의 행동을 통해 파악할 수 있다. 한 사람의 가장으로서 사스뜨로다르소노는 도덕의 가치를 높게 보는 원칙을 세우고 자식들을 훈육 한다. 사르뜨로다르소노의 훈육 중 하나는 자식들이 좋은 직업을 택할 수 있게 이끄는 것이었다. 자식 중 한 명인 하르도조는 좋은 선생님이 되며 다양한 능력을 갖춘 사람이 된다. 그 설명은 다음과 같은 대화를 통해 알 수 있다.
“아! 하르도조, 우리들은 언제나 너에게 관심을 두었지. 내가 보기에는 너는 모임도 잘 결성하고 잘 가르치며 운동과 여행도 좋아하면서 특히 학생들과 캠핑 생활도 좋아하는구나. 특히 예술을 좋아하고 예술의 세계로 학생들을 잘 인도도 하고.” (Kayam, 1990:55)
사스뜨로다르소노는 또한 자식들 서로간에 사랑하는 마음을 심어 주기에 힘을 썼다. 그것은 서로 분주하게 생활을 다들 하고 있지만 사스뜨로다르소노의 자식들은 부모를 종종 찾아오는 것으로 설명되고 있다. 그러한 설명은 다음과 같은 대화를 통해 파악할 수 있다.
“나는 보고르(Bogor)에서 훈련을 마친 후 와나갈리를 방문한다는 나와의 약속을 지켰다. 나는 내 가족 모두와 함께 왔다. 내 동생들도 식구들 전부 같이 왔다. 얼마나 참된 대 가족인가. 우리들은 중요하고 민감한 일이 있을 경우 언제나 와나갈리에 모두 모인다. 우리들이 이미 성인이 되었고 아이를 키우고 사회적으로 지위를 확보했어도 그 모든 일의 중심에는 아버지와 어머니가 계신다. ....” (Kayam, 1990:180)
b. 선생님의 도덕성
사회적으로 선생님은 책임감이 있고 도덕적으로 높은 수준을 요구받고 있다. 왜냐면 학생들의 성공과 실패가 어떤 측면에서는 선생님께 달려 있다고 인식되고 있기 때문이다.
소설 ’모든 양반들’ 안에서 선생님의 도덕성은 주인공 사스뜨로다르소노를 통해 나타난다. 그가 선생님의 길을 택한 것은 마을 아이들의 발전을 원했기 때문이다. 그러한 배경 때문에 아이들은 직업을 찾을 때 어려움이 없어졌다.
이외에도 그는 책임감 있는 교사로서 높은 도덕성을 보여 주었다. 그러한 자세는 교육에 있어 높은 규율을 요구했고 그것을 심어 주기 위해 노력했다. 그 결과 역시 만족할 만 수준이었다. 그의 학생들 학업 성적은 네덜란드가 세운 학교 학생들 보다 월등히 좋았다’. 그 사실을 다음과 같은 대화로서 확인할 수 있다.
"우리 마을 학교에서는 산수, 작문, 자바어 공부에 집중하고 있습니다. 교사들 역시 위에 말씀드린 분야를 열심으로 가르치라는 지시를 받고 있습니다. 그 결실은 마을 학교를 졸업한 학생들이 잘 보여 주고 있습니다. 그들 대부분은 손 글씨를 잘 쓰고 있으며 계산을 정확히 할 줄 알며 자바어를 유창하게 구사하고 있습니다. 종종 나는 귀족 학교인 HIS 학교 졸업생들 작문이 우리 마을 학교 졸업생보다 못한 이유가 어디에 있는지를 질문을 받고 있습니다." (Kayam, 1990:53)
이외에도 사스뜨로다르소노는 교육의 원칙은 민족을 위한 헌신임을 고수하고 있었다. 따라서 일본식민정부가 강요하는 매일 아침마다 북쪽을 향해 선생님과 학생들 전부가 일본 천황의 만수무강을 비는 절하기를 거절했다. 그 이유는 일본식민정부가 강요하는 것은 나라를 사랑하는 국민으로서 갖추어야 할 도덕성이 아니었기 때문이었다.
사스뜨로다르소노는 그의 도덕성을 지키기 위해 일본의 지시를 따르지 않고 선생 자리에서 은퇴를 택하게 된다. 그가 일본 천황을 위한 아침 요배를 거부했을 때 일본인 사토(Sato)로부터 따귀를 맞게 된다. 사토는 사스뜨로다르소노의 행동이 일본 자존심을 훼손시키는 것으로 간주했고 매우 화를 냈다. 그러나 선생님으로서 그는 인내하면서 참았다. 그러한 상황은 부인의 배려와 지원을 통해 풀어낼 수 있게 되었다.
“아, 여보. 내가 지금까지 지금처럼 모욕을 당한적이 한번도 없었어요. 그런데 그가 내 머리를 때렸어요. 머리를!!”
....
”선생님의 부인은 즉시 남편을 위로하면서 내게 손짓을 하면서 흔들의자로 가까이 가라고 했다." (Kayam, 1990:129—130)
사스뜨로다르소노 가슴 깊숙이 자리잡고 있는 국가에 대한 충성심은 학생들 뿐만 아니라 자식들에게도 전해졌다. 그의 나라 사랑하는 철학은 아이들에게 교훈이 되었다. 그 결과 자식인 누그로호는 군인이 되었고 하르도조는 망꾸느가란(Mangkunegaran)에서 학생들을 가르치는 선생님이 되었다. 사스뜨로다르소노는 국가에 헌신하는 그의 철학이 자식들도 각자의 일터에서 나라에 보탬이 되는 사람이 되기를 바라고 있었다.
"사실 이 ’세가지 덕목’은 모든 군인들에게 적용되는 것처럼 보이지만 사실 모든 양반 귀족들에게도 적용되어야 하는 것이다. 이 덕목의 핵심은 왕과 국가에 충성하는 것이다. 우리 모두는 와양(wayang : 그림자 연극)에 나오는 세 명의 주인공, 즉 수만뜨리(Sumantri), 까르나(karna) 그리고 꿈바까르나(Kumbakarna)의 행동을 본 받고 따라야 할 것이다. 그들의 충성심이 각각 다르다 할지라도 결국 그 목표는 똑 같기 때문이다. 즉, 왕과 나라에 복종하고 충성하는 것은 하나이기 때문이다." (Kayam, 1990:185)
c. 학생의 도덕성
교육은 똑똑하고 임무를 수행함에 있어 능력이 뛰어난 인간을 육성하는 갓뿐만 아니라 도덕을 갖춘 인간으로서 좋은 성품의 국민으로 양성하는데 그 목적이 있다고 볼 수 있다. 그런 이유 때문에 교육은 단순한 지식의 이전이 아니라 도덕성의 이전, 보편적인 인간으로서 가치 전수를 한다고 볼 수 있다. 소설 ‘모든 양반들’ 안의 아이들과 학생들 도덕성은 사스뜨로다르소노 집안의 양아들인 란띱을 통해 잘 나타나고 있다. 사스뜨로다르소노 가족은 란띱을 교육시킬 정도로 능력이 있었고 따라서 란띱은 모든 가족들의 희망에 부응하면서 잘 성장하게 된다. 란띱은 은혜에 감사하며 보답할 줄 아는 사람으로 크게 된다.
"저는 학교를 다닐 수 있게 된 것을 얼마나 다행스럽게 생각하는지 모릅니다. 더구나 세떼난(Setenan)에 하숙도 구할 수 있었고요. 더구나 나중에 급여를 받을 수 있는 직업을 갖게 되면 얼마나 좋을지 모르겠습니다. 그것을 이용하여 부모님과 여러분들에게 그 동안 입은 은혜에 보답할 수 있기를 바랍니다.” (25).
위의 인용을 통해 란띱은 감사할 줄 아는 사람임을 알게 된다. 란띱은 학교를 다닐 수 있었던 것에 감사하고 있다. 더구나 그에게 은혜를 베풀어 준 가족에게 은혜를 갚을 수 있음을 감사하게 생각한다.
이외에도 란띱은 그의 임무에 대해 책임을 지는 아이가 되었고 부모에게 순종하는 아이가 되었다.
“배에서 시장하다는 소리가 아우성을 치고 친구들과 노는 것도 재미가 없어 집으로 돌아왔다. 나는 남겨진 음식을 가져오기 위해 접시를 꺼냈고 그것을 우물가에서 씻었다. 그리고 나서 남겨진 음식을 마당에 뿌렸다. 금방 닭들이 몰려와서 깨끗이 먹어 치웠다.”(12)
위의 내용을 보면 란띱은 음식물 찌꺼기를 없애는 행동을 통해 부모를 돕는 책임감이 있음을 알 수 있다. 그리고 친구들과 노는 시간이 언제며 부모를 언제 돕는지 잘 아는 아이이면서 부모를 공경할 줄 아는 아이이다.
란띱은 참을성이 많은 학생으로 시험을 볼 때나 학교에서 친구들이 란띱을 방해하기 위해 큰 소리로 떠들어도 참으며 알라가 시험하는 것으로 알고 전혀 화를 내지 않고 응대를 하지 않았다
“학급안의 학생들 중, 몇몇 여학생들과 더 많은 남학생들은 나를 바라보면서, 와 멋쟁이, 와 멋쟁이, 신출내기, 신출내기라고 떠들면서 장난을 쳤다. 그리고는 가정부의 자식이라는 속삭임이 들려왔다. 나는 그들의 속삭임을 똑똑하게 들었다. 나는 묵묵히 침묵을 지킬 뿐이었다. 그들과 싸워서 무엇을 얻을 수 있는가. 어머니는 그런 상황에서 무조건 참으라고 당부를 하셨다. 친구들의 놀림을 잘 참으라고 어머니는 말씀하셨다.”(22)
2. 나가면서
작가는 문학 작품을 통해 그의 주위에 있는 환경으로부터 하나의 가치를 전하고자 노력을 한다. 그 가치는 다름이 아닌 도덕성이다. 그 도덕성을 작가는 작품에 등장하는 인물과 사건을 통해 그리고 있다.
우마르 까얌의 소설 ’모든 양반들’은 작품 안에 여러 도덕적 가치를 포함하고 있다. 주인공인 사스뜨로다르소노에 의해 그려지는 상황 속에서 나타나는 도덕성에 초점을 맞추고 있다. 사스뜨로다르소노는 한 집안의 가장으로서, 교육자로서, 문화를 존중하는 문화인으로 그리고 성공한 한 사람으로 도덕성을 잘 보여 주고 있다.
한 가정의 가장으로 도덕성은 사스뜨로다르소노가 학생들을 가르칠 때나 그의 자식들을 훈육할 때 잘 나타나고 있다. 그의 도덕성은 학생들을 잘 가르치는 것으로 나타난다. 또한 규범을 잘 따르는 학생으로 훈육함과 동시에 학생들 가슴에 자긍심을 심어주는 것으로 표현이 된다. 문화를 존중하는 사스뜨로다르소노의 마음의 밑바탕에는 자바 문화가 깔려 있다. 그리고는 성공한 한 사람으로서 예전에 한 명의 농부였음을 결코 잊지 않는 겸손함이 남아 있다.
[참고 문헌]
Kayam, Umar. 1990. Para Priyayi. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti. Koentjaraningrat. Jakarta: Graraedia.
Nurgiyantoro. 2007. Penilaian Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Press.
Chaplin. 2006. Dasar-dasar Pendidikan Moral. Yogyakarta: Angkasa
Wiyatmi. 2005. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka
Moralitas dalam Novel Para Priyayi Karya Umar Kayam
Rafli Adi Nugroho
Pegiat Literasi dan
Mahasiswa Sastra Indonesia
Universitas Jenderal Soedirman
Karya sastra, baik yang berbentuk puisi maupun prosa (cerpen, novel, dll) merupakan hasil dari imajinatif pikiran manusia yang juga mendapatkan pengaruh dari peristiwa maupun bacaan yang diterima oleh penulisnya. Novel yang juga merupakan salah satu karya sastra tidak dapat lepas dari fenomena-fenomena factual realistik karena sastra itu sendiri adalah produk masyarakat untuk menggambarkan kehidupaan yang ada dalam kenyataan sosial (Nurgiyantoro, 2007)
Dalam perkembangan karya sastra ada seorang penulis bernama Umar Kayam bersama dengan novelnya yang berjudul Para Priyayi, menurut pendapatnya novel merupakan sarana untuk memaparkan dilema kebudayaan Jawa dan alat untuk mengemukakan visi, opini, dan reaksi. Dari sini Umar Kayam mencoba untuk berinteraksi dengan masyarakat melalui karyanya yang berjudul Para Priyayi dengan menghilangkan batas kalangan sosial. Novel yang menyajikan permasalahan seputar kehidupan zaman foedalisme ini disinari dengan nilai-nilai yang pada masanya itu dijunjung tinggi sebagai identitas diri masyarakat Jawa. Konflik yang dialami oleh tokoh-tokoh dalam novel ini kebanyakan memiliki kemiripan atau kedekatan dengan adanya nilai moral maupun nilai budaya yang ditetapkan di masyarakat sosial. Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih banyak mengenai kebenaran dan kesamaan yang ada dengan nilai-nilai di kehidupan nyata, pada kali ini akan dibahas mengenai moralitas yang terkandung dalam karya sastra Indonesia, lebih khusus lagi dalam novel Para Priyayi.
Novel ini bercerita tentang Atmokasan yang merupakan petani kecil dari wilayah Wanagalih, sebuah wilayah ibu kota Madiun yang letaknya ada di antara Sungai Bengawan Solo dan Sungai Ketangga. Anaknya yang bernama Soedarsono ini ia titipkan kepada seorang priyayi bernama Ndoro Seten dengan harapan kelak Soedarsono akan menjadi pemula priyayi dalam keluarganya. Setelah Soedarsono menjadi guru bantu dan menjadi priyayi kecil, namanya dirubah menjadi Sastrodarsono yang kemudian oleh orang tuanya dinikahkan dengan seorang gadis bernama Siti Aisyah atau biasa dipanggil Ngaisyah. Aisyah ini merupakan anak dari mantri penjual candu asal Jogorogo. Dari pernikahannya Sastrodarsono dikaruniai tiga orang anak, yang pertama bernama Noegroho, kemudian Hardjo, dan yang terakhir Soemini.
Selain memiliki anak, Sastrodarsono juga mengangkat beberapa anak dari keluarganya seperti Soenandar, Ngadiman, Sri, dan Darmin. Dari keempat anak yang diasuhnya, Soenandar adalah anak yang paling nakal dan susah diatur. Ketika masih sekolah, Soenandar sering membuat ulah bahkan sering mengambil uang saku temannya. Hingga pada suatu saat Soenandar dikeluarkan dari sekolah dan diminta oleh Sastrodarsono untuk mengawasi sekolah yang didirikan Sastrodarsono di Wanalawas dengan harapan agar perilaku Soenandar berubah menjadi lebih baik. Namun semua itu tidak membuat perilaku Soenandar berubah. Soenandar menghamili seorang gadis bernama Ngadiyem anak seorang janda bernama Mbok Soemo, dan fatalnya lagi Soenandar tidak bertanggung jawab. Soenandar kabur dari Wanalawas dan bergabung dengan gerombolan perampok yang dipimpin oleh Semin Genjik. Ketika dicari oleh keluarga, Soenandar diketahui telah meninggal terbakar bersama dengan gerombolan perampok itu.
Mengetahui hal itu, Ngadiyem sedih memikirkan siapa yang akan bertanggung jawab terhadap nasib anaknya. Namun, semua kesedihannya hilang setelah Sastrodarsono mengatakan bahwa ia akan menanggung semua biaya untuk anaknya. Hingga pada suatu hari, Ngadiyem melahirkan seorang anak laki-laki bernama Wage. Setelah berusia 6 tahun, Wage diangkat menjadi anak Sastrodarsono dan namanya diganti menjadi Lantip.
Lantip tumbuh menjadi anak yang cerdas, penurut, dan sangat peduli terhadap sesama. Di usia dewasanya Lantip dapat menjadi anak yang selalu membantu memecahkan masalah yang dihadapi oleh keluarga Sastrodarsono. Dari perjalanan kehidupan keluarga besar Sastrodarsono ini, banyak sekali pelajaran moral yang dapat dipelajari, hal ini tergambarkan melalui tindakan dan juga perkataan tokoh yang adad di dalamnya.
Dari sejumlah cerita singkat yang sudah dijelaskan novel Para Priyayi ini membahas secara dalam mengenai sebuah moral. Secara Etimologi, Moral berasal dari bahasa Latin yaitu “mos” (jamak: mores) yang berarti kebiasaan, adat. Kata “mos” (mores) dalam bahasa Latin sama artinya dengan “etos” dalam bahasa Yunani. Di dalam bahasa Indonesia, kata moral diterjemahkan dengan “aturan kesusilaan” ataupun istilah lain yang masih berkaitan dengan hal tersebut. Menurut KBBI, Moral bisa diartikan sebagai ajaran tentang baik buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban, akhlak budi pekerti, susila, dan sebagainya. Sedangkan beberapa ahli juga berpendapat mengenai moral, di antaranya adav W. J. S. Poerdarminta, beliau menyatakan bahwa moral merupakan ajaran tentang baik buruknya perbuatan dan kelakuan. Kemudian ada Dewey, beliau menjelaskan bahwa moral merupakan hal-hal yang berhubungan dengan nilai-nilai susila. Barok juga berpendapat tentang moral bahwasanya moral ini berisi tentang larangan dan tindakan yang membicarakan salah atau benar. Terakhir ada Magnis-Susino, beliau berpendapat bahwa moral selalu mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia, sehingga bidang moral adalah bidang kehidupan manusia dilihat dari segi kebaikannya sebagai manusia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa moral merupakan suatu ajaran mengenai hal-hal yang baik dan buruk, yang berhubungan dengan tingkah laku dan perbuatan manusia.
d. Moralitas seorang Kepala Keluarga
Kepala keluarga merupakan pemimpin dalam rumah tangga entah itu ayah atau ibu. Kepala rumah tangga memiliki tanggung jawab mendidik, mengasuh, dan membimbing anak-anak untuk mencapai tahapan tertentu yang mengantarkan mereka untuk siap dalam kehidupan bermasyarakat.
Moralitas kepala keluarga dalam novel Para Priyayi ditunjukkan melalui perilaku Sastrodarsono dalam mendidik anak-anaknya. Sebagai kepala keluarga, Sastrodarsono menerapkan prinsip menjunjung nilai moral dan dilakukannya dengam mendidik, mengasuh, dan membimbing anak-anaknya Salah satu didikan yang diberikan Sastrodarsono adalah menerapkan perilaku baik dalam bekerja. Hardojo, anaknya berprofesi sebagai guru yang baik dan memiliki beragam prestasi. Hal ini ditunjukkan pada kutipan berikut.
“Lho, Dimas Hardojo, Anda selalu kami amati. Menurut penglihatan saya, Anda mempunyai bakat organisasi dan mendidik yang baik sekali. Anda suka berolahraga, bertamasya, dan berkemah dengan murid-murid. Anda juga suka kesenian dan mampu juga menarik muda-mudi untuk ikut tertarik pada kesenian.” (Kayam, 1990:55)
Sastrodarsono juga menanamkan kerukunan pada keluarganya agar menjadikan anak-anaknya saling menyanyangi. Hal ini ditunjukkan dengan seringnya anak-anak Sastrodarsono mengunjungi orang tuanya meskipun di sela-sela kesibukan. Hal ini seperti kutipan berikut.
“Saya memenuhi janji saya untuk sowan ke Wanagalih sesudah menjalani latihan di Bogor. Saya datang dengan seluruh keluarga saya. Demikian juga dengan adik-adik saya yang juga datang bersama keluarga mereka. Alangkah rukun dan guyub keluarga besar kami sesungguhnya. Pada saat-saat yang kami anggap penting, apalagi yang kami anggap peka, kami selalu berkumpul di Wanagalih. Sudah tentu pusat dari itu semua adalah Bapak dan Ibu. Betapa pun kami sudah menjadi orang, sudah beranak pinak dan memiliki kedudukan di masyarakat ....” (Kayam, 1990:180)
e. Moralitas seorang Guru
Dalam masyarakat, guru merupakan profesi yang terhormat dan memiliki tanggung jawab moral, karenanya banyak yang menilai bahwa kesuksesan dan kegagalan siswa dikaitkan dengan peranan seorang guru.
Moralitas guru dalam novel "Para Priyayi" dilukiskan melalui tokoh utama, Sastrodarsono, yang berprofesi sebagai guru. Dasar pilihan Sastrodarsono sebagai guru karena ia ingin memajukan anak-anak di desanya. Dengan demikian, apabila mencari pekerjaan, mereka tidak mengalami kesulitan.
Selain itu, ia juga menjunjung moral guru yang merupakan bentuk tanggung jawabnya sebagai pendidik. Hal itu ditunjukan dengan keseriusannya dalam mengajar dengan menanamkan disiplin yang tinggi. Hasilnya pun sangat baik. Hal itu ditunjukkan dengan prestasi siswanya yang melebihi prestasi siswa HIS, seperti dilukiskan pada kutipan berikut.
"Di sekolah desa kami diperintahkan untuk sangat menekankan pengajaran kami di bidang-bidang berhitung, menulis, dan bahasa Jawa. Kami diperintahkan untuk sangat keras dan tertib dalam mengajar bidang-bidang tersebut. Maka hasilnya pun kelihatan pada anak-anak desa yang tamat dari sekolah desa. Mereka, pada umumnya, sangat bagus tulisan tangangannya dan pintar berhitung serta baik penguasaan bahasa Jawanya. Sering kali saya bertanya kepada anak-anak tamatan sekolah priayi seperti HIS mengapa tulisannya tidak sebagus anak-anak desa." (Kayam, 1990:53)
Selain itu, Sastrodarsono juga berprinsip bahwa mengajarnya itu didasari oleh pengabdiannya kepada bangsanya. Dengan demikian, tuntutan pemerintah Jepang agar ia dan siswanya setiap pagi diharuskan menghormat Kaisar Jepang dengan membungkukkan badan ke arah utara pum ditolaknya. Permintaan pemerintah Jepang tidak sesuai dengan moralitasnya sebagai warga negara yang mencintai negaranya. Sikap
Sastrodarsono yang tetap mempertahankan moralitasnya dilakukan dengan memilih pensiun sebagai guru daripada harus memenuhi perintah Jepang. Sebagai risiko penolakannya itu, ia ditempeleng Tuan Sato (Nippon). Bagi Satrodarsono, sikap Nippon itu dianggap sebagai bentuk penghinaan terhadap harga dirinya sehingga ia marah sekali. Namun, sebagai guru yang harus bersikap sabar dalam menyikapi masalah kehidupan, hal itu dapat diatasinya dengan dukungan istrinya, seperti dilukiskan berikut ini.
"“Oh, Allah, Bu. Belum pernah saya dihina orang seperti sekarang ini. Dia memukul kepala saya, Bune. Kapala!”
....
Ndoro Guru Putri cepat menghibur suaminya dan memberi tanda kepada saya untuk mendekat ke kursi goyang." (Kayam, 1990:129—130)
Nilai kesetiaan kepada negara yang telah mengakar dalam diri Sastrodarsono selain diajarkan kepada siswanya, juga kepada anak-anaknya yang sudah bekerja dengan mengambil contoh tembang “Tripama” karena filosofi tentang kesetiaan kepada negara tepat sekali untuk menasihati anaknya, Noegroho, yang menjadi prajurit, dan Hardojo yang menjadi guru di Mangkunegaran. Sastrodarsono berharap filosofi kesetiaan dalam pewayangan itu dapat menjadi contoh anak-anaknya dalam mengabdi kepada negara melalui pekerjaan masin-masing, seperti dilukiskan dalam kutipan berikut ini.
"Meskipun “Tripama” ini kelihatannya hanya ditujukan untuk para prajurit, sesungguhnya juga dimaksudkan untuk para priyayi semua. Inti dari wejangan itu adalah kesetiaan kepada raja dan negara. Kita semua diingatkan untuk meniru sikap setia dari tokoh dalam wayang, yaitu Sumantri, Karna, dan Kumbakarna. Meskipun sifat kesetiaan mereka berbeda, namun intinya sama, yaitu kesetiaan sebagai tanda tahu membalas budi kepada raja dan negara." (Kayam, 1990:185)
f. Moralitas seorang Murid
Pendidikan bertujuan bukan hanya membentuk manusia yang cerdas dan trampil dalam melaksanakan tugas, namun diharapkan menghasilkan manusia yang memiliki moral, sehingga menghasilkan warga negara yang baik. Oleh karena itu pendidikan tidak semata-mata mentrasfer ilmu pengetahuan tetapi, juga mentransfer nilai-nilai moral dan nilai-nilai kemanusiaan yang bersifat universal. Moralitas anak dan pelajar dalam novel "Para Priyayi " digambarkan melalui Lantip yang merupakan anak angkat dari keluarga Sastrodarsono. Keluarga Sastrodarsono mampu mendidik Lantip, sehingga Lantip dapat tumbuh besar menjadi anak yang sesuai harapan keluarga. Lantip tumbuh sebagai anak yang mampu bersyukur dan tahu membalas budi. Hal itu ditunjukan pada kutipan berikut.
"Saya sudah merasa bersyukur mendapat kesempatan bersekolah, diongkosi mendapat tempat berteduh lagi di Setenan. saya akan lebih bersyukur lagi kalau saya mendapat kesempatan berkerja dengan gaji sekadarnya agar saya dapat membalas budi Embok dan eh, siapa tahu juga Ndoro Guru Kakung dan Putri” halaman (25).
Kutipan tersebut menguraikan bahwa Lantip adalah orang yang bersyukur. Lantip bersyukur karena mendapat kesempatan bersekolah. Tidak hanya itu, Lantip akan lebih bersyukur kalau dia bisa membalas budi Embok, Ndoro Guru Kakung, dan Putri karena mereka sudah berjasa banyak terhadapnya.
Selain, itu lantip juga menjadi anak yang bertanggung- jawab terhadap tugasnya dan berbakti kepada orang - tuanya. Seperti dalam kutipan berikut.
“Dan saya baru pulang waktu perut mulai keroncongan atau mulai bosan bermain dengan teman. Saya akan mengambil piring-piring dengan hidangan atau lebih tepat sisa-sisa hidangan makanan Embah dan mencuci di sumur. Sisa makanan itu saya sebar di halaman, di mana segera ayam- ayam akan membersihkannya pula.”(12)
Kutipan tersebut mendeskripsikan bahwa Lantip mempunyai rasa tanggung jawab untuk menolong orang- tuanya untuk membersihkan sisa hidangan makanan Embah. Dan Lantip selalu ingat kapan waktu untuk bermain dan kapan waktu untuk berkerja menolong orang tuanya, ia selalu berusaha menjadi anak yang berbakti.
Sebagai pelajar Lantip adalah orang yang sabar saat menghadi ujian. Saat berada di sekolah dan teman-teman barunya berbisik terang-terangan dengan sengaja menyinggungnya, Lantip tidak melawan dan marah. Sabar seperti ini termasuk sabar karena musuh, artinya sabar ketika ditimpa kemalangan dan ujian, serta cobaan dari Allah. Seperti dalam kutipan berikut.
“Anak-anak di dalam kelas, beberapa perempuan, selebihnya laki-laki, pada memandangi saya. Cah anyar, cah anyar, anak baru, anak baru, kata mereka. Segera saja mereka tahu bahwa saya adalah budak pembantu Ndoro Guru. Oh, bature, budak pembantu Romo Mantri Guru, bisik-bisik mereka. Saya mendengar bisik-bisik mereka itu dengan jelas karena agaknya memang dimaksudkan agar kedengaran dengan jelas. Saya diam saja karena memang demikian adanya. Untuk apa menyangkalnya. Lagi pula embok sudah wanti-wanti berpesan agar saya sabar, jangan gampang tersinggung dengan omongan bahkan ejekan teman.”(22)
Karya sastra yang dituliskan oleh pengarang karena ia ingin menyampaikan sebuah nilai yang ada di lingkungan sekitarnya. Nilai itu adalah nilai moralitas. Nilai moralitas digambarkan oleh penulis melalui peristiwa yang melibatkan tokoh atau percakapan antar tokohnya.
Novel Para Priyayi yang dituliskan oleh Umar Kayam mengandung berbagai nilai moralitas di dalamnya. Fokus pada nilai moralitas di dalam novel digambarkan oleh tokoh Sastrodarsono. Tokoh Sastrodarsono menonjolkan nilai moralitas sebagai kepala keluarga, guru atau pendidik, pemangku budaya, dan seorang yang sukses.
Nilai moralitas sebagai kepala keluarga ditunjukkan pada saat Sastrodarsono memberikan pendidikan dan pengajaran kepada anak-anaknya untuk melanjutkan kepriyayiannya. Nilai moralitas sebagai guru atau pendidik ditunjukkan pada pengadian Sastrodarsono sebagai guru yang baik dan menerapkan sikap disiplin pada muridnya serta menjaga wibawanya. Nilai moralitas pemangku budaya ditunjukkan pada perilaku Sastrodarsono yang mendasar pada budaya Jawa. Kemudian moralitas sebagai seorang yang sukses ditunjukkan oleh sikap Sastrodarsono yang tidak sombong dan tidak melupakan asal usulnya yang dulunya seorang petani.
Daftar Pustaka
Kayam, Umar. 1990. Para Priyayi. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti. Koentjaraningrat. Jakarta: Graraedia.
Nurgiyantoro. 2007. Penilaian Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Press.
Chaplin. 2006. Dasar-dasar Pendidikan Moral. Yogyakarta: Angkasa
Wiyatmi. 2005. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka
(Diterjemahkan oleh Kim, Young Soo)
[수필가 소개]
라플리 아디 누그로호(Rafli Adi Nugroho) 2001년 7월 7일, 인도네시아 반유마스(Banyumas) 출생. 젠드랄 수디르만대학교 인도네시아문학부 재학중 와다스 껄리르(Wadas Kelir) 창작학교 자원 봉사자. 창작 문학 작품이 출간 또는 online에 게재
[Tentang Penulis]
Rafli Adi Nugroho lahir di Banyumas 7 Juli 2001. Penulis merupakan mahasiswa program studi Sastra Indonesia Universitas Jenderal Soedirman dan Relawan Pustaka di Rumah Kreatif Wadas Kelir. Karya berupa artikel dan puisi telah publish di media cetak dan online.
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