Lesson 17 (Pelajaran Ketujuh belas)
단어 정의하기(Mendefinisikan Kata)
(노래) Balonku 내 풍선
Balonku ada lima, rupa-rupa warnanya 다섯 개의 내 풍선, 많은 색깔
Hijau, kuning, kelabu, merah muda dan biru 녹색, 노란색, 회색, 핑크색, 그리고 파란색
Meletus balon hijau, hatiku sangat kacau 녹색 풍선이 터지고, 마음이 매우 슬퍼
Balonku tinggal empat, kupegang erat-erat 내 풍선 네 개 남았는데, 꼭 잡고 있어요
Balon(풍선), kelabu(회색, abu-abu), Hatiku(내 심장), Meletus(터지다), dar: 펑, tinggal: 마지막 남은, kacau(혼란스러운) = bingung, sedih(슬픈), erat-erat(꽉 잡다) <-> dengan lembut (느슨하게 잡다), rupa(얼굴)=muka=wajah, rupa-rupa=banyak
Saya pegang bolpoin erat-erat (S + kk + O + keterangan)
Saya pegang telur dengan lembut
A: Apakah “ban” kelihatan di sini? 여기에 “Ban”이 보이나요?
B: Tidak kelihatan 아니요, 보이지 않아요.
A: Bagaimana bentuknya “ban”? “Ban”이 어떤 모양인가요?
B: Bentuknya bundar 둥근 모양이에요.
A: Di mana saya dapa melihat “ban”? / Di mana “ban” kelihatan? 어디에서 볼 수 있나요?
B: Di mobil 차에서 볼 수 있어요.
A: Dari apa “ban” dibuat? 무엇으로 만들었나요?
B: Dari karet 고무로 만들었어요.
Lihat: 보다, kelihatan=bisa lihat 보이다, dapa=bisa melihat(볼 수 있다)
Karet(고무), pohon karet(고무나무), oranye muda(주황색), hijau muda(연녹색),
ungu(보라색), pernikahan(결혼), hampir(거의, 대부분)
Ini pengalaman saya
Nama dia Ibu, Ain
Dia berasal dari Ciburuy
Dia tinggal di kampung
Dia sudah menikah dan sudah punya 4 anak dan 5 cucu
Dia umur 65 tahun
Kami bertemu dengan satu orang perempuan(wanita) di jalan
Dia bekerja menyapu jalan
Kami bertemu di jalan di Tatar Jingga nagara
Dia bekerja sebagai tukang sapu(penyapu) jalan
A: Alat-alat apa yang digunakan untuk melukis? ‘melukis’을 위한 도구는 무엇인가요?
B: Kuas, cat, dan sebagainya 붓, 물감, 그리도 등등
A: Siapa yang biasanya melukis? 보통 ‘melukis’은 누가하나요?
B: Pelukis atau siapa saja yang suka melukis 화가나 ‘melukis’를 좋아하는 사람요.
A: Di mana biasanya orang melukis? 보통 사람들은 어디에서 ‘melukis’를 하나요?
B: Di mana saja 어디서나
A: Kapan biasanya orang melukis? 보통 사람들은 언제 ‘melukis’를 하나요?
B: Kapan saja dia mau melukis atau kalau ada pesanan ‘melukis’를 하고 싶을 때나 주문을 받았을 때요.
Pelukis=orang yang melukis, dan sebagainya=dsb, dipakai=digunakan
Penulis(작가), Pekerjaan(업무, 일), PR=pekerjaan rumah
Apa => objek/benda, Siapa => orang, Di mana/ke mana => tempat, berapa => nomor
Mengapa/kenapa => alasan(karena~), Bagaimana => cara, Kapan => waktu
Kosa kata
1. Tolong gambarkan seekor ular
‘ular’를 그려 주세요. gambarkan: 그리다
Seekor ular(뱀)/sebuah gunting(가위)/sebuah palu(망치)/sebuah mangkok(그릇)/sebuah sumpit(젓가락)/sebuah sendok(숟가락)/sebuah garpu(포크)/sebuah bandara(공항)/sebuah pelabuhan(항구)/sebuah bendera(국기)
2. Tunjukkan kepada saya cara memancing
‘cara memancing’을 행동으로 보여주세요. Tunjukkan: 행동으로 보이다
Memperlihatkan = menunjukkan(보여주세요), mempertunjukkan: 행동으로 보여주기
Cara memancing(낚시하다)/cara melipat(접다)/cara mengetik(타이핑하다)/cara merobek(찢다)/cara melempar(던지다)/cara mengikat(묶다)/cara mengunci(잠그다)/cara memijat(마사지하다)/cara menyetrika(다림질하다)/cara mengepel(밀대로 닦다)/cara mengelap(티슈로 닦다)/cara menyapu(쓸다)/cara mengoles(바르다)
Menggaruk(긁다)/menggosok(문지르다)/menyisir(빗다), Mengikat sepatu(신발을 묶다)
Keranjang basket(농구 골대), keranjang belanjaan(쇼핑몰의 바스켓 또는 카트)
Tata bahasa
Pola I
Bagaimana bentuknya ban?
Bentuknya ban/motor/kipas angin/buku/topi
Rasanya sambal/merica/garam/bakso
Baunya manggis yang matang/bunga mawar/pisang yang kuning/mangga yang matang
Warnanya muka saya/pintu it/matahari/mobil itu/dinding itu
Parfum(향수), mencium parfum(향수 냄새 맡기), bersin-bersin: 재채기
Harum(향기로운)=wangi, 향기로운 과일 향기를 뜻함
Pola II
Di mana saya bisa melihat ban?
Melihat ban/gunung/sepeda listrik/pohon dan bunga/rumah Anda
Bisa membeli sapu/tisu/makanan/tas
Pola III
Dari apa ban dibuat?
Ban/meja/buku/botol/lemari baju
Pola IV
Alat-alat apa yang digunakan untuk melukis?
Alat-alat apa/apa saja
Digunakan/dipakai
Melukis/menulis/memasak/minum jus/naik gunung
Besi: 메탈, baja: 철, sedotan: 빨대, sepatu gunung: 등산화, tas punggung: 백팩